Pilkada 2018, Isu SARA Lebih Berbahaya dari Money Politic

bbraling.admin

Britanebraling.net-Isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) bakal masih akan marak pada Pilkada 2018, terutama di daerah-daerah tertentu. Isu ini dinilai oleh Pengamat politik Ray Rangkuti, memiliki dampak yang lebih berbahaya di banding politik uang.

“Prediksi saya, penggunaan isu SARA tidak akan berhenti 2018. Bisa terjadi pada Pilkada Jabar, mungkin Jatim, Jateng dan Sumut juga, punya potensi,” kata Ray dalam diskusi yang digelar Koalisi Masyarakat untuk Pemilu Berkualitas (KMPB) di Jakarta Selatan, Selasa (26/12).

Ray menilai merebaknya isu SARA perlu diantisipasi sedini mungkin. Sebab, saat ini terkesan ada suasana yang seolah melegalisasi politik SARA.

“Kesannya, isu SARA itu wajar dan enggak bermasalah, karena dianggap mengamalkan kepercayaan agama tertentu. Jadi ada kegamangan. Cuma masalahnya, saat ini tak ada definisi yang ketat soal politik SARA,” pungkas Ray.

Ray menyebut pengalaman di Pilkada 2017 lalu menunjukkan lebih berbahaya dari politik uang. Sebab, penggunaan isu SARA membuat masyarakat terbelah dan berefek panjang.

Sedangkan, soal politik uang, yang perlu jadi perhatian adalah upaya mengejar sumber ataupun donaturnya. Dia mendorong Bawaslu lebih aktif mengejar pelaku politik uang.

“Bagi saya, politik uang bukan lagi soal kandidat bayar ke orang. Tapi yang perlu dilacak para kandidat mendapatkan uang dari mana, sehingga uang masuk, uang keluar serasa mudah,” ucap Ray.

Sumber : Fajar.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bingung Pulang, Anak Jakarta Ditemukan Polisi

Britanebraling.net- Anggota Polsek Kaligondang Polres Purbalingga menyerahkan seorang anak laki-laki yang ditemukan warga dalam kondisi tersesat di Desa Selakambang, Kecamatan Kaligondang, Senin (18/6/2018). Anak laki-laki yang mengaku bernama Daniel Nur Wendo (11) warga Jakarta yang sedang mudik di Desa Penolih Kecamatan Kaligondang. Ia bingung jalan pulang setelah pergi bersepeda untuk […]